Menghasilkan lulusan analisis kimia yang berkualitas, vokasional dan adaptif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki kompetensi dalam bidang ilmu kimia terapan dan berjiwa kewirausahaan, memiliki kemampuan manajerial dalam pengelolaan laboratorium dan memiliki kemampuan berinovasi tepat guna di bidang analisis kimia melalui penelitian terapan dan pengabdian masyarakat
MATA KULIAH ANALISIS KIMIA
No
|
Nama | SKS | Semester |
1 | Keselamatan Kerja Laboratorium | 3(1-2) | 1 |
2 | Kimia Fundamental | 4(2-2) | 1 |
3 | Biologi | 3(1-2) | 1 |
4 | Pengantar Agroindustri | 2(2-0) | 1 |
5 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | 1 |
6 | Bahasa Inggris | 2(1-1) | 1 |
7 | Matematika | 3(2-1) | 1 |
8 | Fisika | 3(2-1) | 1 |
9 | Aplikasi Perangkat Lunak dalam Kimia | 3(1-2) | 2 |
10 | Manajemen Laboratorium Kimia | 2(0-2) | 2 |
11 | Analisis Titrimetri dan Gravimetri | 4(2-2) | 2 |
12 | Senyawa dan Reaksi Kimia Organik | 4(2-2) | 2 |
13 | Kimia Anorganik | 4(2-2) | 2 |
14 | Pendidikan Agama Islam | 3(2-1) | 2 |
15 | Pendidikan Agama Katolik | 3(2-1) | 2 |
16 | Pendidikan Agama Protestan | 3(2-1) | 2 |
17 | Pendidikan Agama Hindu | 3(2-1) | 2 |
18 | Pendidikan Agama Buddha | 3(2-1) | 2 |
19 | Pendidikan Agama Konghucu | 3(2-1) | 2 |
20 | Metode Analisis dalam Mikrobiologi | 3(1-2) | 3 |
21 | Metode Preparasi dan Pemisahan Kimia | 4(2-2) | 3 |
22 | Kimia Fisik | 4(2-2) | 3 |
23 | Analisis Spektrometri | 4(2-2) | 3 |
24 | Biokimia untuk Industri | 2(1-1) | 3 |
25 | Pendidikan Pancasila | 1(1-0) | 3 |
26 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2(1-1) | 3 |
27 | Analisis Kualitas Lingkungan | 3(1-2) | 4 |
28 | Validasi Metode Pengujian | 2(0-2) | 4 |
29 | Analisis Pangan | 3(1-2) | 4 |
30 | Kromatografi | 4(2-2) | 4 |
31 | Penerapan Koloid dan Kimia Permukaan di Industri | 2(1-1) | 4 |
32 | Sistem Standardisasi Mutu Industri | 3(1-2) | 4 |
33 | Prinsip Dasar Teknik Kimia | 1(0-1) | 4 |
34 | Identifikasi Spektrum Senyawa Organik | 2(0-2) | 4 |
35 | Kemometrik | 2(1-1) | 5 |
36 | Analisis Bahan Alam | 4(2-2) | 5 |
37 | Aplikasi Sensor Kimia dan Biosensor di Industri | 2(1-1) | 5 |
38 | Etika Profesi Supervisor Analis Kimia | 1(1-0) | 5 |
39 | Azas dan Penerapan Elektroanalitik | 3(1-2) | 5 |
40 | Metodologi Ilmiah Kimia Terapan | 2(0-2) | 5 |
41 | Kewirausahaan Kimia | 2(0-2) | 5 |
42 | Kapita Selekta Kimia | 2(2-0) | 5 |
43 | Praktikum Minat Keahlian | 4(0-4) | 6 |
44 | Pengelolaan Limbah Kimia | 3(1-2) | 6 |
45 | Analisis Produk Farmasi | 3(1-2) | 6 |
46 | Penerapan Teknologi Petrokimia dan Polimer di Industri | 3(1-2) | 6 |
47 | Teknik Analisis untuk Kimia Klinis | 3(1-2) | 6 |
48 | Penerapan Nanoteknologi Bidang Kimia | 3(1-2) | 6 |
49 | Summer Course | 2(0-2) | 6 |
50 | Konferensi Nasional | 2(0-2) | 6 |
51 | Pengembangan Talenta | 2(0-2) | 6 |
52 | Manajemen Even | 2(0-2) | 6 |
53 | Pembelajaran Emosi & Sosial | 2(0-2) | 6 |
54 | Komunikasi dan Kerjasama Tim | 2(0-2) | 6 |
55 | Kepemimpinan Inklusif | 2(0-2) | 6 |
56 | Empati dan Kecerdasan Emosional | 2(0-2) | 6 |
57 | Pengambilan Keputusan Efektif | 2(0-2) | 6 |
58 | Pemecahan Masalah Kompleks | 2(0-2) | 6 |
59 | Kewirausahaan Sosial | 2(0-2) | 6 |
60 | Berpikir Kritis dan Kreatif | 2(0-2) | 6 |
61 | Strategi Negosiasi | 2(0-2) | 6 |
62 | Etika Profesional | 2(0-2) | 6 |
63 | Keberagaman & Multibudaya | 2(0-2) | 6 |
64 | Summer Course 2 | 2(0-2) | 6 |
65 | Summer Course | 3(0-3) | 6 |
66 | Konferensi Internasional | 3(0-3) | 6 |
67 | Pengembangan Profesi | 3(0-3) | 6 |
68 | Pengembangan Talenta | 3(0-3) | 6 |
69 | Pengembangan Masyarakat | 3(0-3) | 6 |
70 | Kewirausahaan Sosial | 3(0-3) | 6 |
71 | Kewirausahaan | 3(0-3) | 6 |
72 | Kepemimpinan Inklusif & Inovatif | 3(0-3) | 6 |
73 | Inovasi dan Pemikiran Desain | 3(0-3) | 6 |
74 | Summer Course 2 | 3(0-3) | 6 |
75 | Kredensial Mikro | 3(1-2) | 6 |
76 | Magang Industri di Bidang Kimia | 12(0-12) | 7 |
77 | Kolokium | 1(0-1) | 7 |
78 | Proyek Akhir Bidang Kimia | 8(0-8) | 8 |
79 | Laporan Proyek Akhir Bidang Kimia | 2(0-2) | 8 |
80 | Seminar | 1(0-1) | 8 |