Program Studi Sarjana Ilmu dan Teknologi Kelautan (ProdiS1-ITK) yang diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (FPIK-IPB) merupakan pionir pendidikan tinggi kelautan nasional (est. 1987) dan menjadi benchmark bagi inisiasi maupun pengembangan program akademik sejenis di Indonesia.
Terakreditasi BAN-PT dan the Institute of Marine Engineering, Science, and Technology (IMarEST), maka Program Studi yang awalnya bernama Ilmu Kelautan dan diselenggarakan sejak tahun 1987 ini menjadi bagian integral IPB University dalam menyiapkan insan terdidik yang unggul, tangkas, profesional dan berkarakter kewirausahaan di bidang kelautan, biosains tropika, maupun pertanian dalam arti luas.
Terobosan strategis dalam tata pamong institusi juga penyelarasan kurikulum dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah dilakukan dengan mantap untuk menguatkan IPB sebagai kampus berbasis riset maupun membekali dan menumbuhkan jiwa techno-socio-entrepreneurship sivitas akademikanya demi memajukan pembangunan agro-maritim 4.0 nasional.
Mahasiswa S1-ITK yang terdaftar sejak tahun 2010 dan lulus dari IPB, berhak menyandang gelar akademik tambahan BSc (Hons.) in Marine Science and Marine Technology selain mendaftarkan dirinya sebagai Registered Marine Technologist (in full) ke dalam himpunan profesi IMarEST.
Capaian akreditasi penuh dari Lembaga Akreditasi Mandiri di bawah UK-Engineering Council dan berbasis di London tersebut melengkapi akreditasi A yang terakhir diperoleh dari BAN-PT pada tahun 2018. Saat ini, ada 2 jenis kelas (Reguler dan Internasional) yang diselenggarakan oleh Prodi-S1 ITK-IPB dengan tujuan program untuk:
1) menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkarakter luhur, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan, dan/atau seni yang menguatkan keunggulan budaya dan bangsa bahari Indonesia;
2) mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan inovasi yang mendukung kelestarian sumber daya dan lingkungan laut;
3) memberikan kontribusi atau solusi, sesuai dengan kapasitasnya, terhadap pembangunan agro-maritim nasional dan relevan dengan isu global terkait ekosistem lautan.
MATA KULIAH ILMU DAN TEKNOLOGI KELAUTAN
No
|
Nama | SKS | Semester |
1 | Marine Frontiers | 2(0-2) | |
2 | Summer Course | 2(0-2) | |
3 | Konferensi Nasional (pemakalah) | 2(0-2) | |
4 | Manajemen Even | 2(0-2) | |
5 | Pengembangan Talenta | 2(0-2) | |
6 | Pembelajaran Emosi & Sosial | 2(0-2) | |
7 | Empati dan Kecerdasan Emosional | 2(0-2) | |
8 | Komunikasi dan Kerjasama Tim | 2(0-2) | |
9 | Kepemimpinan Inklusif | 2(0-2) | |
10 | Pemecahan Masalah Kompleks | 2(0-2) | |
11 | Kewirausahaan Sosial | 2(0-2) | |
12 | Berpikir Kritis dan Kreatif | 2(0-2) | |
13 | Keberagaman & Multibudaya | 2(0-2) | |
14 | Summer Course | 3(0-3) | |
15 | Strategi Negosiasi | 2(0-2) | |
16 | Etika Profesional | 2(0-2) |
|
17 | Konferensi Internasional (pemakalah) | 3(0-3) | |
18 | Pengembangan Profesi | 3(0-3) | |
19 | Pengembangan Talenta | 3(0-3) | |
20 | Pengembangan Masyarakat | 3(0-3) | |
21 | Kewirausahaan Sosial | 3(0-3) | |
22 | Kewirausahaan | 3(0-3) | |
23 | Kepemimpinan Inklusif & Inovatif | 3(0-3) | |
24 | Inovasi dan Pemikiran Desain | 3(0-3) | |
25 | Kredensial Mikro | 3(1-2) | |
26 | Literasi Kelautan | 2(0-2) | |
27 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | 1 |
28 | Pertanian Inovatif | 2(2-0) | 1 |
29 | Matematika dan Berpikir Logis | 3(2-1) | 1 |
30 | Fisika Sains Teknologi | 3(2-1) | 1 |
31 | Berpikir Komputasional | 2(2-0) | 1 |
32 | Bahasa Inggris | 2(1-1) | 1 |
33 | Agama Buddha | 3(2-1) | 1 |
34 | Agama Islam | 3(2-1) | 1 |
35 | Agama Kristen | 3(2-1) | 1 |
36 | Agama Katolik | 3(2-1) | 1 |
37 | Agama Hindu | 3(2-1) | 1 |
38 | Agama Khonghucu | 3(2-1) | 1 |
39 | Pendidikan Pancasila | 1(1-0) | 2 |
40 | Pendidikan Kewarganegaraan | 1(1-0) | 2 |
41 | Biologi Dasar | 3(2-1) | 2 |
42 | Olahraga/Seni | 1(0-1) | 2 |
43 | Kimia Sains dan Teknologi | 3(2-1) | 2 |
44 | Sosiologi | 2(2-0) | 2 |
45 | Ekonomi | 2(2-0) | 2 |
46 | Statistika dan Analisis Data | 3(3-0) | 2 |
47 | Pengantar Ilmu Perikanan dan Kelautan | 2(2-0) | 2 |
48 | Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kelautan | 2(2-0) | 3 |
49 | Metode Kuantitatif Kelautan | 2(2-0) | 3 |
50 | Biologi Laut | 2(2-0) | 3 |
51 | Pengantar Oseanografi | 2(2-0) | 3 |
52 | Landasan Instrumentasi Kelautan | 2(2-0) | 3 |
53 | Dasar-dasar Penginderaan Jauh Kelautan | 2(2-0) | 3 |
54 | Ekologi Perairan | 3(2-1) | 3 |
55 | Iktiologi | 3(2-1) | 3 |
56 | Praktik Kelautan 1 | 3(0-3) | 3 |
57 | Landasan Akustik Kelautan | 2(2-0) | 4 |
58 | SIG Kelautan | 2(2-0) | 4 |
59 | Ekologi Laut Tropis | 2(2-0) | 4 |
60 | Metode Ilmiah | 2(1-1) | 4 |
61 | Praktikum Ekologi Laut Tropis | 1(0-1) | 4 |
62 | Oseanografi Fisik | 2(2-0) | 4 |
63 | Oseanografi Kimiawi | 2(2-0) | 4 |
64 | Akuisisi dan Analisis Data Oseanografi | 2(0-2) | 4 |
65 | Praktikum SIG Kelautan | 1(0-1) | 4 |
66 | Ocean & Fisheries Big Data Science | 2(1-1) | 4 |
67 | Informasi Geospasial Perikanan dan Kelautan | 1(0-1) | 4 |
68 | Praktik Kelautan 2 | 3(1-2) | 4 |
69 | Biodiversitas Laut | 3(2-1) | 5 |
70 | Oseanografi Bio-Geologi | 3(2-1) | 5 |
71 | Metode Analisis Data dan Pemodelan Numerik Kelautan | 3(2-1) | 5 |
72 | Pemrosesan Citra | 3(2-1) | 5 |
73 | Survei dan Pemetaan Sumberdaya Laut | 2(2-0) | 5 |
74 | Praktikum Survei dan Pemetaan Sumberdaya Laut | 1(0-1) | 5 |
75 | Akustik Kelautan | 3(2-1) | 5 |
76 | Magang | 3(0-3) | 5 |
77 | Dasar-Dasar Akuakultur | 3(2-1) | 5 |
78 | Analisis Data Sumberdaya Perikanan dan Lingkungan Perairan | 3(2-1) | 5 |
79 | Hukum dan Dasar Kebijakan Perikanan Tangkap | 2(2-0) | 5 |
80 | Sains Data Perikanan Tangkap | 2(2-0) | 5 |
81 | Algoritme dan Dasar Pemrograman | 3(2-1) | 5 |
82 | Geosains | 2(2-0) | 5 |
83 | Metode Penangkapan Ikan | 2(2-0) | 5 |
84 | Instrumen Pengambilan Keputusan Bisnis | 2(2-0) | 6 |
85 | Dasar-Dasar Teknologi Hasil Perairan | 2(2-0) | 6 |
86 | Model dan Simulasi Ekosistem Perairan | 3(2-1) | 6 |
87 | Kepelautan | 3(2-1) | 6 |
88 | Pembangunan Manusia dan Sumberdaya Alam | 2(2-0) | 6 |
89 | Pendidikan Orang Dewasa dan Manajemen Pelatihan | 3(2-1) | 6 |
90 | Selam Ilmiah | 3(1-2) | 6 |
91 | Teknik Deteksi Bawah Air | 3(2-1) | 6 |
92 | Penginderaan Jauh Kelautan | 3(2-1) | 6 |
93 | Penginderaan Jauh Termal | 3(2-1) | 6 |
94 | Mikrobiologi Laut | 3(2-1) | 6 |
95 | Morfogenetika Kelautan | 3(2-1) | 6 |
96 | Oseanografi Lingkungan | 3(2-1) | 6 |
97 | Oseanografi Perikanan | 3(2-1) | 6 |
98 | Bio-optik Kelautan | 3(2-1) | 6 |
99 | Instrumentasi Kelautan | 3(2-1) | 6 |
100 | Pemrosesan Sinyal | 3(2-1) | 6 |
101 | Komunikasi Pembangunan | 3(2-1) | 6 |
102 | Bioprospeksi Kelautan | 3(2-1) | 7 |
103 | Robotika Kelautan | 3(2-1) | 7 |
104 | Kecerdasan Buatan Kelautan & Perikanan | 3(2-1) | 7 |
105 | Penginderaan Jauh Gelombang Mikro | 3(2-1) | 7 |
106 | Biogeografi Kelautan | 3(2-1) | 7 |
107 | Ekofisiologi Organisme Laut | 3(2-1) | 7 |
108 | Oseanografi Operasional | 3(2-1) | 7 |
109 | Akustik Perikanan | 3(2-1) | 7 |
110 | Ujian Komprehensif | 1(0-1) | 7 |
111 | Proposal Tugas Akhir | 1(0-1) | 7 |
112 | Laporan Tugas Akhir | 4(0-4) | 7 |
113 | Kuliah Kerja Nyata Tematik | 4(1-3) | 7 |
114 | Algoritma dan Pemrograman Kelautan | 3(2-1) | 7 |
115 | Seminar | 1(0-1) | 7 |