Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (KK) resmi berdiri pada Tanggal 10 Januari Tahun 2005 sesuai dengan SK Rektor IPB No. 01/OT/V2005. Departemen IKK merupakan salah satu departemen di bawah Fakultas Ekologi Manusia IPB. Departemen IKK memiliki mandat untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen. Pada tahun 2013 Departemen IKK mendapatkan akreditasi A sesuai keputusasn BAN PT No 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 untuk periode 2013-2018.
Berdasarkan undang-undang No. 12 tahun 2012 tentan pendidikan tinggi, pasal 10 ayat 2 bahwa Departemen IKK termasuk rumpun ilmu terapan, yaitu rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mengkaji dan mendalami aplikasi ilmu bagi kehidupan manusia.
Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen terdiri dari tiga divisi yaitu
1) Divisi Ilmu Keluarga, yaitu divisi fokus pada perkembangan ilmu keluarga yang bertujuan untuk ketahanan fungsi keluarga sebagai institusi sosial;
2) Divisi Perkembangan Anak, yaitu divisi yang membangun keilmuan dan teknologi yang relevan untuk tumbuh kembang anak secara holistik, yang melibatkan perkembangan fisik- motorik, sosial-emosi, kemampuan kognitif, dan moral karakter untuk menciptakan generasi yang berkualitas;
3) Divisi Ilmu Konsumen dan Ekonomi Keluarga, yaitu divisi yang mengembangkan perilaku keluarga dalam pengalokasian sumberdaya yang dimiliki berdasarkan prinsip ilmu konsumen dan ekonomi dalam rangka meningkatlan kesejahteraan keluarga.
Mata Kuliah Ilmu Keluarga Dan Konsumen
No
|
Nama | SKS | Semester |
1 | Agama Islam | 3(2-1) | 1 |
2 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | 1 |
3 | Bahasa Inggris | 2(1-1) | 1 |
4 | Biologi Umum | 2(2-0) | 1 |
5 | Ekonomi Dasar | 3(2-1) | 1 |
6 | Fisika Sains Sosial | 2(2-0) | 1 |
7 | Pendidikan Kewarganegaraan | 1(1-0) | 1 |
8 | Pendidikan Pancasila | 1(1-0) | 1 |
9 | Pertanian Inovatif | 2(2-0) | 1 |
10 | Berpikir Komputasional | 2(2-0) | 2 |
11 | Kimia Umum | 2(2-0) | 2 |
12 | Matematika dan Berpikir Logis | 3(2-1) | 2 |
13 | Olahraga/Seni | 1(0-1) | 2 |
14 | Pembangunan Manusia dan Sumber Daya Alam | 2(2-0) | 2 |
15 | Sosiologi | 2(2-0) | 2 |
16 | Statistika dan Analisis Data | 3(3-0) | 2 |
17 | Ekologi Keluarga | 3(2-1) | 3 |
18 | Perilaku Konsumen | 3(3-0) | 3 |
19 | Perkembangan Keluarga | 2(2-0) | 3 |
20 | Psikologi Anak | 2(2-0) | 3 |
21 | Psikologi Umum | 3(3-0) | 3 |
22 | Studi Keluarga dan Konsumen | 3(1-2) | 3 |
23 | Teori Keluarga | 2(2-0) | 3 |
24 | Ekonomi Keluarga | 2(2-0) | 4 |
25 | Komunikasi Keluarga | 2(2-0) | 4 |
26 | Konseling Keluarga | 3(2-1) | 4 |
27 | Manajemen Keuangan Konsumen dan Keluarga | 3(3-0) | 4 |
28 | Manajemen Sumberdaya Keluarga | 3(3-0) | 4 |
29 | Pemasaran Sosial | 2(2-0) | 4 |
30 | Pendidikan dan Perlindungan Konsumen | 2(2-0) | 4 |
31 | Pengembangan Karakter | 3(3-0) | 4 |
32 | Tumbuh Kembang Manusia | 3(2-1) | 4 |
33 | Gender dan Keluarga | 2(2-0) | 5 |
34 | Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga | 2(2-0) | 5 |
35 | Pendidikan Holistik | 3(2-1) | 5 |
36 | Pengasuhan Anak | 3(2-1) | 5 |
37 | Pengembangan Media Pendidikan Keluarga | 2(0-2) | 5 |
38 | Praktek Konseling Keluarga | 3(1-2) | 5 |
39 | Usaha Ekonomi Keluarga | 3(2-1) | 5 |
40 | Capstones | 6(0-6) | 6 |
41 | Kolokium | 1(0-1) | 6 |
42 | Masalah Khusus | 2(0-2) | 6 |
43 | Masalah Khusus | 3(0-3) | 6 |
44 | Metode Penelitian Keluarga | 3(2-1) | 6 |
45 | Pengukuran Perkembangan Anak | 3(2-1) | 6 |
46 | Riset Konsumen | 3(2-1) | 6 |
47 | Seminar | 1(1-0) | 7 |
48 | Skripsi | 6(0-6) | 7 |