Department of Forest Resources Conservation and Ecotourism (DFRCE) merupakan satu dari empat departemen yang ada di Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mengemban tugas menyelenggarakan pendidikan jenjang sarjana (S1) dan pascasarjana (S2 dan S3), penelitian dan pengabdian masyarakat dalam IPTEKS dan sumberdaya manusia bidang konservasi sumberdaya hutan dan lingkungan tropika, termasuk ekowisata.
DFRCE merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di Indonesia yang diberi mandat oleh Departemen Pendidikan Nasional melalui IPB untuk menjawab tantangan bidang IPTEKS dan SDM unggul untuk mengelola sumberdaya alam hayati dan lingkungan secara berkelanjutan. Pada perkembangannya, kurikulum DFRCE ini diadopsi menjadi kurikulum nasional di bidang konservasi keanekaragaman hayati oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1994.
Dengan adanya perubahan status IPB BHMN Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan berubah menjadi Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (DKSHE). Sedangkan untuk Program Pasca Sarjana, DKSHE mengampu tiga program mayor, yaitu Program Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT) S2 dan S3, Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJL) ,S2 dan S3, dan Program Magister Profesi Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH). Sesuai mandat DFRCE, bidang kelimuan yang dikembangkan meliputi : Ekologi dan Manajemen Satwaliar, KOnservasi Keanekaragaman Tumbuhan, Manajemen Kawasan Konservasi, Rekreasi Alam dan Ekowisata, serta Hutan Kota dan Jasa Lingkungan.
Mata Kuliah Konservasi Sumberdaya Hutan Dan Ekowisata
No
|
Nama | SKS | Semester |
1 | Agama Islam | 3(2-1) | 1 |
2 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | 1 |
3 | Biologi Dasar | 3(2-1) | 1 |
4 | Ekonomi | 2(2-0) | 1 |
5 | Kepercayaan | 3(2-1) | 1 |
6 | Matematika dan Berpikir Logis | 3(2-1) | 1 |
7 | Olahraga/Seni | 1(0-1) | 1 |
8 | Pendidikan Kewarganegaraan | 1(1-0) | 1 |
9 | Pendidikan Pancasila | 1(1-0) | 1 |
10 | Bahasa Inggris | 2(1-1) | 2 |
11 | Berpikir Komputasional | 2(2-0) | 2 |
12 | Fisika Sains Teknologi | 3(2-1) | 2 |
13 | Kimia Sains dan Teknologi | 3(2-1) | 2 |
14 | Konservasi Sumberdaya Hayati dan Lingkungan | 2(2-0) | 2 |
15 | Pertanian Inovatif | 2(2-0) | 2 |
16 | Sosiologi | 2(2-0) | 2 |
17 | Statistika dan Analisis Data | 3(3-0) | 2 |
18 | Analisis Data Konservasi Biodiversitas | 3(2-1) | 3 |
19 | Dendrologi | 3(2-1) | 3 |
20 | Ekologi Satwa Liar | 3(2-1) | 3 |
21 | Ilmu Kehutanan dan Etika Lingkungan | 2(2-0) | 3 |
22 | Kebijakan Konservasi dan Lingkungan | 2(2-0) | 3 |
23 | Konservasi Tumbuhan Tropika | 2(2-0) | 3 |
24 | Pemetaan, SIG dan UAV Lingkungan | 3(2-1) | 3 |
25 | Rekreasi Alam dan Ekowisata | 2(2-0) | 3 |
26 | Ekologi Hutan | 3(2-1) | 4 |
27 | Inventarisasi dan Pemantauan Hidupanliar | 3(2-1) | 4 |
28 | Komunikasi dan Sosial Sains Konservasi | 2(1-1) | 4 |
29 | Pendidikan Konservasi | 3(2-1) | 4 |
30 | Praktik Lapang Kehutanan | 3(0-3) | 4 |
31 | Silvikultur | 3(2-1) | 4 |
32 | Analisis Spasial Lingkungan | 3(2-1) | 5 |
33 | Etnobiologi dan Bioprospeksi Tumbuhan | 2(2-0) | 5 |
34 | Interpretasi Alam dan Lingkungan | 2(2-0) | 5 |
35 | Jasa Lingkungan | 2(2-0) | 5 |
36 | Kawasan Konservasi dan Ekosistem Esensial | 2(2-0) | 5 |
37 | Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah | 2(1-1) | 5 |
38 | Pencemaran dan Pengendalian Dampak Lingkungan | 3(2-1) | 5 |
39 | Perilaku Satwaliar | 2(2-0) | 5 |
40 | Bisnis Konservasi | 2(2-0) | 6 |
41 | Instrumen Pengelolaan Lingkungan | 2(2-0) | 6 |
42 | Konservasi Eksitu dan Penangkaran Satwaliar | 3(2-1) | 6 |
43 | Konservasi Hutan Kota | 2(1-1) | 6 |
44 | Kuliah Kerja Nyata Tematik | 4(1-3) | 6 |
45 | Pengelolaan Satwa Liar | 2(2-0) | 6 |
46 | Perencanaan Kawasan Konservasi | 3(2-1) | 6 |
47 | Tumbuhan Obat dan Pangan Hutan | 3(2-1) | 6 |
48 | Kolokium | 1(0-1) | 7 |
49 | Pengembangan Profesi | 3(0-3) | 7 |
50 | Praktek Pengelolaan Hidupanliar | 3(0-3) | 7 |
51 | Praktek Pengelolaan Kawasan Konservasi, Ekowisata dan Jasa Lingkungan | 3(0-3) | 7 |
52 | Seminar | 1(0-1) | 8 |
53 | Tugas Akhir Skripsi/Non Skripsi | 6(0-6) | 8 |